Berita

Beranda / Berita / Berita Detail

Sosialisasi dan Pengisian E-Filling

14 Maret 2017 | 09:18 WIB

Seiring dengan batas waktu pelaporan SPT tahunan, Bagian Keuangan Politeknik Negeri Madura (POLTERA) mengadakan sosialisasi dan pengisian e-filing dengan mendatangkan pembimbing langsung dari KPP Pratama Bangkalan yaitu Bapak Arif Setyawan selaku Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi 2 dan Bapak Evan Abdul Aziz selaku Account Representative. Kegiatan ini diadakan di Gedung A POLTERA pada tanggal 7 Maret 2017 pukul 09.00 sampai dengan 12.00. Peserta sosialisasi dan pengisian e-filing adalah seluruh dosen dan tenaga kependidikan di POLTERA.

Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para pekerja untuk melaporkan SPT Tahunan sekaligus memberikan informasi tata cara pengisian SPT Tahunan. Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan agar pegawai dapat menyampaikan SPT Tahunannya sebelum batas waktu pelaporan dan isian SPT adalah benar. E-filing sangat memudahkan pegawai karena dapat diakses kapan saja dan tidak terikat waktu.

E-filing sendiri adalah suatu cara penyampaian SPT tahunan PPh secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada laman (website) DJP Online djponline.pajak.go.id atau laman penyedia layanan SPT elektronik. DJP Online adalah layanan pajak online yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melalui laman dan/atau aplikasi untuk perangkat bergerak (mobile device). Adapun penyedia layanan SPT elektronik merupakan pihak yang ditunjuk untuk menyelenggarakan layanan yang berkaitan dengan proses penyampaian e-filing ke DJP, yang meliputi penyedia aplikasi SPT elektronik dan penyalur SPT elektronik.

ee