Sebanyak 265 Mahasiswa POLTERA Ikuti Pelatihan Wawasan Kebangsaan

Sebanyak 265 Mahasiswa Politeknik Negeri Madura (POLTERA), mengikuti Pelatihan Kedisiplinan, Kewiraan dan Wawasan Kebangsaan yang dilaksanakan di Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Kodiklat TNI AL) Surabya.

Kegiatan diikuti oleh mahasiswa tahun Akademik 2021/2022, terdiri dari empat jurusan, Teknik Listrik Industri, Teknik Mesin Alat Berat, Teknik Bangunan Kapal, dan Kesehatan. Pelatihan diagendakan berlangsung selama empat hari sejak Senin – Kamis, 13-16 Desember 2021.

Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Mohd Syafrudin, ketika dikonfirmasi usai mengikuti acara pembukaan kegiatan, berharap pelatihan ini dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan tanggung jawab sosial.

” Mahasiswa lebih cinta tanah air, siap bela bangsa, tanggap terhadap keadaan lingkungan sosial, memiliki jiwa yang bertanggung jawab, ulet dan berkarakter. Yang terpenting tidak cengeng.” Harapnya.

Sementara itu, Danpusdiklapa Kodikopsla Kolonel Laut (P) Ari Krisdiyanto, M.Tr.Hanla dalam sambutannya menyampaikan mahasiswa akan mendapatkan materi yang meliputi wawasan kebangsaan, out bond, management training, Basic life Support, etika, penanganan kedaruratan di laut, peraturan baris berbaris, peraturan penghormatan dan Self Defence. Selama mengikuti kegiatan tersebut para mahasiswa akan tinggal di asrama Kodiklatal dan mengikuti seluruh kegiatan khas TNI AL.

Adapun pelaksanaan Latihan Dasar Bela Negara dan Kepemimpinan ini bertujuan agar para mahasiswa dan mahasiswi mempunyai karakter yang kuat dengan perilaku disiplin dan bertanggung jawab, cinta terhadap tanah air, memiliki kemampuan untuk bertahan dan keluar dari keadaan darurat.

Kegiatan pelatihan wawasan kebangsaan merupakan kegiatan rutin yang diikuti oleh mahasiswa baru POLTERA. Pelaksanaan pelatihan sempat tertunda karena tingginya pandemi covid19 Agustus lalu. (th)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

English EN Indonesian ID
X
×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi Kami