Berita

Beranda / Berita / Berita Detail

POLTERA beri Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan, Masyarakat Senang

28 Agustus 2021 | 06:21 WIB

“Selama ini kami itu takut, selalu menghindar kalau dibilang akan diperiksa.” Ungkap, Ibu Sarimah, Pada acara penyuluhan Era Pandemi Covid19 kerjasama Politeknik Negeri Madura dengan PT Pertamina Fuel Terminal Camplong (26/8).

Kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan ini difokuskan kepada Masyarakat pengrajin Batik Desa Sejati Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang. Sebanyak 20 orang peserta penyuluhan dan tambahan 15 orang lansia mengikuti pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan Tekanan Darah, Pemeriksaan Gula Darah, Pemeriksaan Asam urat dan Kolesterol. Penyuluhan dan pemeriksaan dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa Jurusan Kesehatan POLTERA.

Wakil Direktur bidang Kerjasama dan Sistem Informasi Endang Fauziyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa Poltera sebagai bagian dari masyarakat memiliki tanggung jawab yaitu tridharma perguruan tinggi, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. “Kami selaku bagian dari Masyarakat akan terus bekerjasama dengan masyarakat dalam upaya Promotif, preventif tanpa mengabaikan usaha kuratif dan rehabilitatif”. Ungkapnya.

Sementara itu, salah satu peserta Penyuluhan dan Pemeriksaan Ibu Sarimah, menyampaikan bahwa acara yang dilaksanakan ini sangat bermanfaat khususnya dalam pemeriksaan kesehatan yang selama ini justru ditakuti oleh masyarakat. “Selama ini kami itu takut, selalu menghindar kalau dibilang akan diperiksa, kata orang jaman dulu jika diperiksa terus ketahuan penyakitnya malah akan semakin parah, tapi dengan adanya proses seperti ini, Alhamdulillah ternyata menyenangkan saat berbincang lebih dekat dengan petugas kesehatan (Dosen kesehatan)”.

Ditempat yang sama, Ibu Qomariyah selaku koordinator, menyampaikan bahwa masyarakat sebenarnya meyakini covid itu ada, hanya saja dalam beberapa keadaan mereka selalu menghindari isitlah covid, dan sangat takut sehingga selama ini masyarakat sebenarnya meyakini walau berusaha menolak dengan ungkapan verbal. Dengan adanya penyuluhan seperti ini, diharapkan adanya benang merah permasalahan komunikasi selama ini. Hal Senada juga disampaikan oleh Kepala Desa Sejati yang turut hadir, Beliau berharap masyarakat mau dan mampu meningkatkan Usaha dalam meningkatkan kesehatan bersama, salah satunya adalah Vaksinasi yang notabene sangat dibutuhkan dalam menurunkan resiko penularan penyakit. “Semoga Silaturrahmi melalui progres profesional dan kelembagaan semacam ini bisa selalu terjalin demi mewujudkan Cita-Cita bangsa.” Harapnya.

Sekedar informasi kegiatan Penyuluhan dan Pemeriksaan ini adalah rangkaian program kerjasama Politeknik Negeri Madura dengan PT. Pertamina Fuel Terminal Camplong. (Th)