Berita

Beranda / Berita / Berita Detail

INDUSTRI RESPON DIRESMIKANNYA BENGKEL KONSTRUKSI, POLTERA AKAN LAHIRKAN LULUSAN BERKUALITAS

14 April 2021 | 12:47 WIB

Diresmikannya gedung bengkel konstruksi Politeknik Negeri Madura oleh Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan kebudayaan mendapat respon positif dari kalangan Industri Dunia Usaha dan Dunia kerja (IDUKA).  Gedung Bengkel Konstruksi Poltera memiliki luas 1.339,2 m² dikerjakan selama 178 hari. Pembangunan Gedung yang dimulai sejak tanggal 16 Juni itu dilengkapi dengan berbagai macam peralatan dan selesai dikerjakan pada tanggal 11 Desember 2020.

Ketua Dewan Penasihat Industri Poltera sekaligus direktur utama PT. Adiluhung saranasegara Indonesia Anita Puji Utami ketika dikonfirmasi menyampaikan bahwa bengkel konstruksi poltera akan berpengaruh besar terhadapak kualitas lulusannya, “Bengkel konstruksi Poltera yang baru diresmikan ini sangat bagus, dan lengkap sekali. Pastinya akan mendukung adik-adik mahasiswa di dalam melaksanakan praktik pembelajaran, dengan penguasaan alat secara langsung. Sehingga akan berpengaruh besar terhadap kualitas lulusan POLTERA”. Ungkapnya. Lebih lanjut Anita menambahkan bahwa alat yang ada dibengkel konstruksi sesuai dengan teknologi yang ada di industri bahkan teknologi yang diterapkan dianggap canggih sekali.

Sementara itu direktur PT. Alfan Mechatronis Innovation, Alfan Imawan menyatakan bahwa kerjasama yang terjalin dengan poltera selama ini dengan didukung oleh pelatan yang canggih akan melahirkan produk-produk riil vokasi dan melahirkan enterpeuner sejati. “insyaaAllah MOU berlanjut memulai bukti karya nyata untuk Madura, apalagi dengan kehadiran bengkel konstruksi yang memiliki peralatan lengkap dan canggih, semoga bisa melahirkan produk-produk riil vokasi dan melahirkan entepreneur wirausahawan sejati”. Harapnya.

Direktur Polltera Arman Jaya menyampaikan terima kasih atas respon baik dari industri, ia menyatakan bahwa Poltera dan IDUKA akan terus bersinergi, masak bersama sehingga menu yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan “terima kasih kami sampaikan atas respon positif dari industri, peralatan yang kita miliki memang disesuikan dengan industri, sehingga kedepan kita bisa memasak bersama (menyusun kurikulum bersama) sehingga lulusan poltera sesuai yang diharapkan oleh industri”. Paparnya. Lebih lanjut arman menambahkan bahwa selama ini poltera memiliki hubungan yang baik dengan industri, bahkan poletra memiliki dewan penasihat industri yang selama ini banyak memberikan masukan terhadap poltera.

Gedung Bengkel Konstruksi Politeknik Negeri Madura diresmikan pada hari Jum’at, 9 April 2021. Hadir dalam acara tersebut Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Direktur Pendidikan Vokasi dan Profesi, Bupati Sampang, Direktur Poltera, wakil bupati Sampang, forkopimda Kabupaten Sampang, dan undangan lainnya.

Gedung yang dapat menampung 90 mahasiswa dan dosen dalam satu kegiatan perbengkelan ini dilengkapi dengan beberapa lab-lab kecil diantaranya:

  1. Laboratorium Fisika
  2. Laboratorium Kimia
  3. Laboratorium Hidrolik
  4. Laboratorium metalurgi
  5. Laboratorium otomasi
  6. Augmented reality welding/Simulator Las

Selain itu Bengkel Konstruksi dilengkapi dengan beberapa peralatan yang sangat mumpuni guna menunjang kegiatan praktikum atau workshop mahasiswa seperti Diesel Injector Tester, Bubut Manual, Kayu, Kelistrikan Forklift Excavator, Diesel dan Transmisi, serta Cutting Plat dan peralatan penunjang lainnya. Diakhir acara semua undangan mengikuti tour bengkel Konstruksi. (TH)