Berita

Beranda / Berita / Berita Detail

SABUN DARI CANGKANG TELUR TEMUAN MAHASISWA BIDIK MISI

29 September 2017 | 09:51 WIB

SAMPANG – Keterbatasan ekonomi tidak menghalangi seseorang untuk berprestasi dan menggapai cita-citanya. Seperti halnya mahasiswi jurusan Teknik Bangunan Kapal (TBK) Politeknik Negeri Madura (POLTERA) atas nama Zulaila yang berhasil memenangi Pemilihan Mahasiswa berprestasi POLTERA tahun 2016. Mahasiswi yang diwisuda pada wisuda ke-3 tahun 2017 dengan predikat Cumlaude ini berhasil membuat ide yang inovatif yaitu membuat sabun dari cangkang telur.

Berikut hasil wawancara kami dengan zulaila:

Bagaimana perjuangan anda selama kuliah di Politeknik Negeri Madura?

Tiga Tahun telah dilalui dengan berbagai macam proses perjuangan. Banyak pengalaman berharga yang saya dapatkan, mulai dari perjuangan masuk Politeknik Negeri Madura, memahami setiap proses mata kuliah Teknik Bangunan Kapal, hingga perjuangan Tugas Akhir. Banyak orang berkata bahwa kuliah Teknik bukan merupakan suatu hal yang mudah. Terutama kuliah Teknik Bangunan Kapal tidak semudah yang saya bayangkan, tetapi itu semua saya lalui dengan usaha, niat, dan doa.

Bagaimana kesan anda selama kuliah di Politeknik Negeri Madura?

Secara umum saya merasa sangat bangga menjadi bagian dari keluarga besar Politeknik Negeri Madura. Di kampus saya diajarkan untuk menjadi mahasiswa yang penuh semangat bukan menjadi manusia yang putus asa, dan saya yakin bahwa Allah SWT akan memberikan jawaban atas perjuangan saya selama ini. Memperoleh juara II seleksi Mawapres Politeknik Negeri Madura tahun 2016 dengan temuan membuat sabun dari cangkang telur. Merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi saya, karena dapat terpilih menjadi juara dari mahasiswa yang terbaik.

Apa kelebihan sabun dari cangkang telur dari pada sabun pada umumnya?

Memanfaatkan kulit telur menjadi bahan dasar pembuatan sabun, yaitu untuk mengurangi limbah dari kulit telur yang ditimbulkan dari pabrik seperti pabrik roti, mie, biskuit dll atau dari limbah rumah tangga. Kandungan yang terdapat dalam kulit telur sangat bermanfaat bagi kulit tubuh. Cangkang telur ini dapat berpotensi sebagai pengganti ekstrak mutiara yang biasa digunakan sebagai bahan dasar dalam produk kecantikan seperti halnya sabun.

Untitled

Kandungan kalsium karbonat yang terdapat dalam kulit telur pada umumnya berfungsi untuk menguatkan otot, tulang, dan saraf selain itu untuk membantu memperlambat proses penuaan dini, membangun sel-sel serta melindungi tubuh dari bakteri, virus, dan perkembangan sel-sel kanker. Hal inilah yang melandasi penulis untuk membahas manfaat kulit telur, yang dapat diolah menjadi sabun. Sehingga dapat bermanfaat bagi kulit tubuh.

Apa pesan untuk adek angkatan anda di Politeknik Negeri Madura?

Seiring dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi, saya berharap Polieknik Negeri Madura bisa terus melahirkan lulusan-lulusan terbaik yang proffesional, kompetitif yang siap diserap di dunia kerja. Dengan begitu kita harus tetap belajar dan mengasah potensi diri, jangan pernah merasa cepat puas. Tetap berjuang, semangat dan berusaha untuk menjadi lebih baik. So, Do the best, be good, and you will get the best.