Berita

Beranda / Berita / Berita Detail

POLITEKNIK NEGERI MADURA GELAR PELATIHAN INTERNASIONAL

23 November 2017 | 09:44 WIB

Politeknik Negeri Madura sebagai kampus yang memiliki visi kemaritiman di Madura, dan merupakan lembaga pendidikan yang salah satu jurusannya mempelajari khusus ilmu rekayasa perkapalan. Keberadaan Poltera sangat penting di Madura khususnya, dalam mempersiapkan calon-calon professional muda di bidang Perkapalan dan Sistem Perkapalan, yang dapat mendukung berbagai kegiatan Industri di sekitar Pulau Madura.

Pelatihan professinal ini bertujuan agar mahasiswa Poltera dapat memahami secara professional berbagai pengertian dan aplikasi dasar persyaratan surat-surat kapal serta proses reparasi konstruksi kapal dan sertifikasinya dengan pendekatan belajar-mengajar yang sederhana, praktis, dan berorientasi pada manfaat langsung peserta untuk terlibat dalam bisnis jasa transportasi laut nasional dan internasional. Pelatihan ini dilaksanakan olehInternational Marine Engineering, Science and Technology (IMarEST) Cabang Indonesia Bagian Timur.

Ketua Jurusan Teknik Bangunan Kapal Politeknik Negeri Madura M. Musta’in, S.T., M.T. dalam sambutannya berharap para mahasiswa dapat mengikuti dan menyerap materi yang disampaikan dengan baik. “Dengan pelatihan ini, bisa menjadi bekal yang luar biasa untuk bekerja dilapangan nanti, sehingga tidak canggung lagi ketika masuk ke dunia Industri”. Harapnya. Acara dengan tema Pelatihan professional Surat-surat, Sertifikat dan Reparasi ini berlangsung hari ini tanggal 23 November 2017 dimulai pukul 08.00 WIB, diikuti oleh mahasiswa semester V (lima) Teknik Bangunan Kapal Politeknik Negeri Madura.

kedua-min

Semestara itu ketua IMarEST Indonesia Raja Oloan Saut Gurning, ST. MSc. PhD CMarTech MIMarEST dalam sambutannya mengatakan bahwa IMarEST adalah Intititut atau tempat berkumpul secara professional dibidang Marine Engineerin, Marine Science, dan Marine Technology, kantor pusat IMarEST sendiri ada di Landon Amerika Serikat. Hadir dalam acara tersebut sebagai pemateri adalah Ir. Indrajaya Gerianto, MSc, C.Eng. FIMarEST, Hari Prastowo. CEng MIMarEST, Raja Oloan Saut Gurning, ST. MSc. PhD CMarTech MIMarEST dan Prof. Semin, ST.,M.T, Ph.D.

Melalui pelatihan professional ini, para mahasiswa semester akhir POLTERA, dapat mengerti dengan jelas pengertian dan aplikasi berbagai surat-surat kapal yang disyaratkan oleh aturan nasional dan internasional serta memahami berbagai prinsip umum kegiatan reparasi/perbaikan dan berbagai proses sertifikasi kapal secara detail. Peserta, para mahasiswa Poltera yang mengikuti pelatihan ini akan mendapatkan sertifikat dan keanggotaan IMarEST guna memberikan aksesibilitas lanjutan bagi para para mahasiswa untuk memanfaatkan berbagai fasilitas dan jaringan sebagai anggota IMarEST baik domestik dan internasional. (th)