Berita

Beranda / Berita / Berita Detail

Pengukuhan mahasiswa baru POLTERA, ada yang berasal dari Simalungun Sumatera Utara

01 September 2021 | 14:15 WIB

mahasiswa baru menjadi bagian dari Politeknik Negeri Madura. Pada Selasa (31/8/2021), terdapat 282 mahasiswa baru dikukuhkan secara luring (perwakilan mahasiswa) dan daring melalui platform zoom meeting oleh Direktur Politeknik Negeri Madura.

Secara offline, panitia mengundang mahasiswa baru secara terbatas, yaitu sebanyak 40 orang bertempat di gedung bengkel tenaga. Sementara mahasiswa baru lainnya mengikuti kegiatan tersebut secara online melalui aplikasi zoom meeting. Panitia menyediakan zoom meeting dengan kapasitas 500 orang kepada mahasiswa baru yang tidak hadir ke kampus dalam kegiatan tersebut..

Arman Jaya, selaku direktur telah menginstruksikan kepada panitia agar mendesain kegiatan tersebut sesuai ketentuan protokol kesehatan Covid -19. Mulai dari penyediaan sarana cuci tangan, pembatasan jumlah peserta, pengaturan jarak, penggunaan masker, penggunaan hand sanitizer, dan pengaturan kerumunan peserta. Satgas Covid-19 POLTERA juga sudah stand bye di tempat acara.

Dalam sambutannya, Direktur berulangkali menyampaikan penegasannnya terkait penerapan protokol kesehatan Covid -19, baik di dalam maupun luar kampus. “Saya meminta dan mengingatkan kepada semuanya, kiranya mematuhi protokol kesehatan, khusus 5 M + 1 D di mana pun berada,” kata Direktur. Hal ini berkaitan dengan kemungkinan perkuliahan yang akan diselenggarakan secara blended (offline dan online) dan dapat dilakukan full offline pada tahun mendatang saat pandemi sudah menurun kasusnya.

“Mari kita mencegah dan memutuskan penyebaran Covid -19 dengan menjaga diri, meningkatkan imun dan iman kita masing-masing. Jangan sampai ada cluster Politeknik terutama cluster POLTERA. Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, jauhi kerumunan, dan batasi mobilitas sehari-hari. Jangan lupa senantiasa berdoa kepada Allah SWT agar kita terhindar dari segala virus-virus,” paparnya.

Direktur menyebut bangga bahwa dalam beberapa tahun terakhir, mahasiswa baru POLTERA berasal dari banyak daerah dan bukan hanya di Madura saja. Ini menjadi pertanda baik pertumbuhan student body POLTERA menjadi lebih luas dan beragam. Tentu ini juga awal yang baik bagi POLTERA agar bisa berkontribusi pada peningkatan pendidikan di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Direktur menyampaikan bahwa lulusan POLTERA dikenal sebagai lulusan yang produktif, berdaya saing dan mempunyai nilai moral tinggi. Terbukti dengan banyaknya lulusan yang berhasil diterima di banyak industri dan juga melanjutkan studi di luar negeri.

Kreativitas maba sekarang ini diuji, lakukan kreativitas. Jangan karena keterbatasan pertemuan membuat mahasiswa tidak kreatif. Kampus memberikan fasilitas seperti ruang kelas, bengkel tenaga, ada bengkel konstruksi yang baru diresmikan dan tentunya harus berinovasi membawa POLTERA semakin berjaya.

Hadir pula dalam acara yaitu Dwi Listyawardani, Deputi Bidang Pengendalian Penduduk dan sekaligus Ketua Sub Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 yang memberikan Studium Generale pada PPKKMB POLTERA tahun akademik 2021-2022. Dwi memaparkan secara detail tentang situasi pandemi Covid-19 sejak tahun 2020 dan mengajak seluruh mahasiswa baru untuk melakukan perubahan perilaku agar penyebaran virus corona dapat ditekan.

Sekadar informasi mahasiswa poltera tahun ini berasal dari beberapa wilayah luar jawa, seperti Kabupaten Bone Sulawesi Selatan, Kabupaten Nunukan dan Simalungun Sumatera Utara.