Berita

Beranda / Berita / Berita Detail

P3M POLTERA gelar Workshop, Hadirkan Pemateri Top

14 September 2021 | 20:36 WIB

Salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing perguruan tinggi adalah melalui peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi. Peranan perguruan tinggi dalam pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak hanya berasal dari kontribusi lulusannya yang bermutu, akan tetapi juga dari hasil penelitiannya yang relevan terhadap pengembangan keilmuan dan kebutuhan pembangunan. Hasil-hasil penelitian atau artikel ilmiah perlu disebarluaskan kepada para peneliti lain maupun masyarakat luas, termasuk industri yang langsung dapat memanfaatkannya. Kemampuan menulis masyarakat ilmiah di Indonesia dirasakan masih belum optimal sehingga kemauan untuk menulis artikel ilmiah yang dipublikasikan masih terus harus dipacu. Publikasi hasil-hasil penelitian para Akademisi masih dinilai sangat kecil untuk dipublikasikan di Jurnal nasional atau Internasional bereputasi.

Publikasi artikel sebagai salah satu output penelitian adalah salah satu indikator produktivitas pengembangan keilmuan sebuah perguruan tinggi. Artikel yang terbit dalam jurnal internasional bereputasi menunjukkan kualitas penelitian yang dilakukan. Untuk mendukung terciptanya kualitas penelitian dan luaran bereputasi, maka Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri Madura menyelenggarakan Workshop Penyusunan Proposal Penelitian Nasional dan Publikasi Artikel Jurnal Bereputasi. Workshop ini dilaksanakan secara berseri dari tanggal 02 September 2021 sampai 14 September 2021. Workshop ini dihadiri oleh akademisi dari internal POLTERA dan eksternal POLTERA ini mendatangkan narasumber yang sangat berpengalaman dibidangnya yaitu; 1. Adhi Indra Hermanu, S.T., M.T., M.M, dari DRPM yang memaparkan materi tentang strategi lolos hibah penelitian DRPM 2022, 2. Dr. Hj. Lailis Syafa’ah, M.T dari UMM Malang yang memaparkan tentang pengembangan ide riset menjadi proposal kompetitif nasional, serta Dr. Asepta Surya Wardhana, S.T., M.T. dari PEM Akamigas Cepu yang memaparkan tentang publikasi di jurnal bereputasi.

Direktur Politeknik Negeri Madura dalam sambutan pembukaan acara menyampaikan harapannya semoga kegiatan ini dapat mendorong produktivitas luaran publikasi akademisi POLTERA terutama di publikasi internasional bereputasi. Publikasi merupakan penyampaian hasil penelitian kepada khalayak ramai sebagai pertanggungajawaban akademis. Publikasi adalah sebuah komitmen, yang berdampak besar bagi pengembangan ilmu pengetahuan.

Di Tempat terpisah, kepala P3M POLTERA, M. Jauhari S.T., M.T. menyebut bahwa P3M berupaya dengan keras agar kualitas dan kuantitas publikasi di POLTERA semakin meningkat terutama agar dapat menambah peringkat POLTERA dalam indeks SINTA. Jauhari menyebut bahwa target publikasi POLTERA kedepan akan semakin tinggi seiring dengan pencapaian visi misi POLTERA yang berkeinginan menjadi kampus yang bereputasi internasional. (rir)