Berita

Beranda / Berita / Berita Detail

MASA PANDEMI, PILMAPRES POLTERA HASILKAN KARYA TULIS ILMIAH TERBAIK

24 Maret 2021 | 15:59 WIB

Pemilihan mahasiswa berprestasi (PIMAPRES) Politeknik Negeri Madura yang dilaksanakan sejak tanggal  3 Februari – 24 Maret 2021 menghasilkan tiga nama pemenang, Moh Rifki Mahendra (Teknik Listrik Industri), Dwi Karina (Teknik Listrik Industri) dan Arya putra Adi Yatma (Kesehatan). Seleksi akhir dilaksanakan secara online melalui zoom meeting, masing-masing peserta menyampaikan persentasi Karya Tulis Ilmiah (KTI) di depan tim penguji. Hadir sebagai penguji direkrur Poltera, wakil direktur bidang akademik dan kemahasiswaan, koordinator kemahasiswaan, para ketua jurusan dan dosen bahasa inggris.

Ketua pelaksana Pilmapres tahun 2021, Mohammad Nur saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa acara pilmapres berjalan dengan lancar meski dilaksanakan secara online, “Alhamdulillah, seleski pilmapres berjalan lancar, meski dilaksanakan secara online, masing-masing peserta menampilkan karya tulis imliah tebaiknya”. Lebih lanjut Mohammad Nur berharap bahwa para pemenang pilmapres tingkat poltera, nantinya bisa mendapatkan hasil lebih baik daripada tahun sebelumnya pada pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat Nasional.

Sementara itu pemenang peringkat 1 Pilmapres Moh. Rifqi Mahendra mengatakan bahwa dirinya merasa tertantang untuk memberikan penampilan yang terbaik, “pilmapres ini sangat seru dan tidak bisa di nalar dari tahap ke tahap, karena seleksi yang sangat intens serta tahap lanjutan yang diharuskan untuk revisi KTI hampir tiap lembar membuat saya tertantang dan menjadi lebih kompeten dalam mengerjakan sesuatu, serta deadline pembuatan alat yang menguji nyali saya dan kemampuan akademik juga tentunya”. Paparnya.  Lanjut mahasiswa Teknik Listrik Industri ini menyatatakan bahwa Secara keseluruhan acara pilmapres ini berdampak positif, baik secara mental dan akademik.

Pemanang Peringkat 1 menampilkan karya tulis ilmiah dengan judul “Automasi dan Monitoring berbasis IoT flora dan fauna air pada akuarium masyarakat kota Sampang”, dengan Mengandalkan IoT (internet of things) alat ini bekerja dengan menggunakan jaringan internet yg dimana terhubung antara aplikasi dengan module mikrokontroller yang bertujuan untuk automasi water change (penggantian air) dan pemberian pakan fauna, untuk monitoring tertuju pada monitoring suhu air serta monitoring banyaknya intensitas cahaya yang diterima oleh flora air”.

Sekedar informasi, bahwa pelaksanaan pimpares berlansung sejak tanggal 3 Februari – 24 Maret 2021, mulai tahap pendaftaran, pengumuman peserta lolos verifikasi, penilaian tahap 1, penilaian tahap 2 dan pengumuman pemenang.

Pemanag Pilmapres Tahun 2021

Peringkat 1: “BELLA, THE HOME CARE AQUARIUM ASSISTANT” (SISTEM AUTOMASI DAN MONITORING BERBASIS IOT UNTUK PERAWATAN FLORA DAN FAUNA AIR PADA AKUARIUM MASYARAKAT DAERAH KOTA SAMPANG)

Peringkat 2: ALAT PENDETEKSI PEMAKAIAN MASKER UNTUK PENGUNCI PINTU DENGAN ARDUINO

Peringkat 3: PROMOSI KESADARAN GAWAT DARURAT DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI “EMAS”  DI ERA PANDEMI COVID-19