Berita

Beranda / Berita / Berita Detail

Kuliah Tamu Teknik Bangunan Kapal Marine Survey and Maintenance

22 Mei 2017 | 08:51 WIB

Belajar sesuatu kepada praktisi secara langsung akan menjadikan pemahaman secara mendalam bagi mahasiswa. Begitulah alasan diadakannya kuliah tamu oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Bangunan Kapal Politeknik Negeri Madura dengan tema Marine Survey and Maintenance.

Acara yang dilaksanakan di Lab. Basic Electical pada Sabtu (20/5) ini, dibuka langsung oleh Direktur POLTERA Ir. Ahmad Ansori, DEA. Dalam sambutannya beliau berharap dengan Kuliah Tamu yang menghadirkan langsung Surveyor Biro Kalisikasi Indonesia (BKI) ini dapat memperdalam wawasan mahasiswa serta tahu apa yang harus dipersiapkan dalam bersaing menghadapi dunia kerja nantinya. saya berharap dengan kuliah tamu yang langsung di sampaikan oleh Pak Bakti dan Pak Kholick dari BKI ini, mahasiswa mampu mempersiapkan diri kira-kira apa yang perlu dipelajari untuk bersaing di dunia kerja nanti kalau sudah lulus harap Ansori.

kultamtbk02
Abdul Kholick, S.T., Bakti Nugroho D.K., S.T., saat menyampaikan materi kuliah tamu

Kuliah Tamu ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Teknik Bangunan Kapal Politeknik Negeri Madura (TBK POLTERA) dari angkatan pertama sampai angkatan ketiga. Pada Kuliah Tamu ini, Materi pertama disampaikan oleh Abdul Kholick, S.T. surveyor BKI Surabaya. Tentang beberapa persyaratan perusahaan galangan kapal dan juga teknis survey kapal, baik kapal baru maupun reparasi.
Di sini BKI sebagai pihak ketiga, penengah antara pemilik kapal dengan pihak galangan kapal jadi kami harus menjaga profesionalitas kami sebagai Class. Tuturnya.

Materi kedua disampaikan oleh Bakti Nugroho, D.K, S.T. yang juga merupakan surveyor BKI Surabaya. Beliau menuturkan kalau ijazah saja tidak cukup, perlu adanya sertifikasi keahlian yang dimiliki.
jangan hanya mengandalkan ijazah, perusahaan tidak terlalu melihat ijazah namun yang dilihat adalah sertifikasi keahlian kalian. Ujarnya.

Salah satu dosen Teknik Bangunan Kapal Anauta Lungiding A.R., S.T.MT. menyampaikan harapan adanya kerjasama antara POLTERA dengan BKI dalam hal sertifikasi, baik dalam pengelasan, NDT ataupun yang lainnya. Hal tersebut disambut hangat oleh Bakti Nugroho D.K., S.T. yang juga merupakan alumni dari Politeknik.
Kami selaku dosen berharap adanya kerjasama antara Poltera dengan BKI misalnya dalam hal sertifikasi yang paket murah untuk mahasiswa. Tuturnya yang mengundang tepuk tangan para dosen dan mahasiswa.

Diakhir sesi kedua pemateri menyampaikan pesan kepada seluruh mahasiswa TBK Poltera untuk tidak pernah surut dalam mendalami ilmu di bidang perkapalan ini, karena menurut kedua pemateri ilmu dibidang perkapalan ini sangat luas dan membutuhkan skill dan pengalaman yang cukup sebelum terjun di dunia kerja. (Nur/AMD)