Berita

Beranda / Berita / Berita Detail

Berikan Kesempatan Daftar KIP Kuliah, Pendaftaran SNMPN 2020 Diperpanjang

04 Maret 2020 | 08:01 WIB

Pendaftaran SNMPN 2020 yang semula dijadwalkan 6 Januari hingga 6 Maret 2020, diperpanjang hingga 13 Maret 2020. Keputusan ini disampaikan oleh Dr. Zainal Arief, ST, MT, Ketua SNMPN 2020 hari ini di Kampus PENS usai menerima informasi sinkronisasi KIP Kuliah dengan SNMPN.

 

Bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia dari keluarga yang kurang mampu serta membutuhkan pembiayaan KIP Kuliah akan diberikan perpanjangan waktu pendaftaran. “Informasi KIP Kuliah ini merupakan salah satu yang dinantikan oleh banyak calon peserta, mengingat batas waktu pendaftaran yang sangat mepet dengan jadwal akses KIP Kuliah yang baru di rilis awal maret ini,”imbuhnya.

 

Bagi calon peserta/ siswa yang sebelumnya telah mendaftar SNMPN namun belum melakukan finalisasi, dapat memanfaatkan KIPKuliah ini. “Jika ada peserta yang belum mendaftar atau bahkan bisa jadi sudah mendaftar SNMPN dan belum dilakukan finalisasi, maka bisa mendaftar KIP Kuliah serta melanjutkan ke proses finalisasi,”terang Dr. Zainal. Tak hanya itu, menurut beliau, KIP Kuliah juga dapat dimanfaatkan untuk jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) 2020 yang akan dibuka setelah jalur SNMPN.

 

Jika masih kesulitan mendaftar KIP-Kuliah, calon peserta/ siswa sekolah bisa langsung mengakses ke laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Pendaftaran bisa dilakukan secara mandiri dengan mengikuti alur. Setelah masuk ke laman tersebut, sistem akan melakukan validasi terkait Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan kelayakan mendapatkan KIP Kuliah. Jika dinyatakan berhasil, calon peserta/ siswa sekolah akan mendapatkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke surat elektronik (e-mail) yang telah didaftarkan. Setelah itu, proses pendaftaran KIP Kuliah pun selesai.

 

Langkah berikutnya, calon peserta/ siswa dapat mengakses laman https://snmpn.politeknik.or.id dan melakukan pendaftaran SNMPN atau jika sudah mendaftar sebelumnya untuk melakukan proses validasi pendaftar KIP Kuliah dan melakukan finalisasi. Setelah itu, calon peserta/ siswa sekolah dapat melakukan pengiriman berkas kepada pilihan pertama di Politeknik yang dituju jika diminta mengirimkan berkas. Dan, proses ini dinyatakan selesai jika sudah mengunggah bukti pengiriman berkas tersebut pada laman.

 

Dr. Zainal menjelaskan bagi calon peserta/ siswa sekolah yang belum memiiki KIP Kuliah bisa memanfaatkan perpanjangan waktu ini untuk segera mendaftar. “Dari tahun ke tahun peminat Politeknik atau pendidikan vokasi di Indonesia meningkat. Kami membuka akses seluas-luasnya agar calon peserta/ siswa sekolah bisa melanjutkan pendidikan tinggi, salah satunya melalui KIP Kuliah. Ini sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap perluasan akses pendidikan, khususnya terhadap calon mahasiswa baru di kampus,”imbuhnya.

Humas Politeknik Negeri Madura (POLTERA), Taufik Hidayat, ketika dikonfirmasi menyampaikan hal senada bahwa pendaftaran SNMPN diperpanjang sampai tanggal 13 Maret 2020, “iya betul diperpanjang, alhamdulillah, tentunya ini memberi kesempatan bagi pendaftar yang berminat masuk POLTERA tapi belum mendaftar”. Lebih lanjut Taufik menjelaskan bahwa terdapat empat program studi yang dapat dipilih untuk tahun ini diantaranya D3 Teknik Listrik Industri, D3 Teknik Mesin Alat Berat, D3 Teknik Bangunan Kapal, dan D3 Keperawatan.

 

Informasi Selengkapnya mengenai SNMPN