Berita

Beranda / Berita / Berita Detail

BENGKEL KONSTRUKSI POLTERA DIRESMIKAN, MILIKI LABORATURIUM TERCANGGIH DI INDONESIA

09 April 2021 | 17:53 WIB

Gedung Bengkel Konstruksi Politeknik Negeri Madura diresmikan pada hari Jum’at, 9 April 2021. Hadir dalam acara tersebut Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Direktur Pendidikan Vokasi dan Profesi, Bupati Sampang, Direktur Poltera, wakil bupati Sampang, forkopimda Kabupaten Sampang, dan undangan lainnya.

Direktur Polltera Arman Jaya  dalam sambutannya menyampaikan bahwa gedung ini dilengkapi dengan peralatan modern seperti Lab Fisika, Kimia, Hidraulik, serta lab canggih Augmented Reality Welding, Sehingga ke depan, diharapkan POLTERA akan menjadi poros pembangunan Sampang pada khususnya dan Madura pada umumnya. “Dengan perlatan canggih yang dimiliki Poltera seaya berharap poltera menjadi poros dalam membangunan Madura khususnya Sampang”. Harapnya. Lebih lanjut arman mengucapkan terima kepada kementerian pendidikan dan kebudayaan, pemerintah daerah dan semua pihak yang membatu terselesaikannya gedung bengkel Konstruksi.

Sementara itu Direktur Jenderal Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto dalam sambutannya mengatakan bahwa pendidikan adalah investasi yang sangat strategis dan harus dilakukan dengan benar “jangan hanya meciptakan lulusan yang berbekal ijazah tapi lebih ke kompetensi, aku bisa ini, bukan aku belajar ini”. Ungkapnya. Lebih lanjut wikan sakarinto menambahkan bahwa laboratorium augmented reality welding yang dimiliki poltera adalah alat yang sangat langkah di Indonesia “Vokasi UGM saja tidak punya pak, alat semewah dan secanggih di madura ini”.

Sementara itu Bupati Sampang Slamet Junaidi dalam sambutannya mengucapkan selamat atas diresmikannya gedung bengkel Konstruksi Poltera “saya sebagai kepala daerah mengucapkan selamat kepada poltera atas diresmikannya gedung ini, mudah-mudahan gedung yang baru kita bangun ini bermanfaat bagi masyarakat Madura khususnya Masyarakat Sampang”.Harapnya.

Gedung Bengkel Konstruksi Poltera memiliki luas 1.339,2 m² dikerjakan selama 178 hari. Pembangunan Gedung yang dimulai sejak tanggal 16 Juni itu dilengkapi dengan berbagai macam peralatan dan selesai dikerjakan pada tanggal 11 Desember 2020.

Gedung yang dapat menampung 90 mahasiswa dan dosen dalam satu kegiatan perbengkelan ini dilengkapi dengan beberapa lab-lab kecil diantaranya:

  1. Laboratorium Fisika
  2. Laboratorium Kimia
  3. Laboratorium Hidrolik
  4. Laboratorium metalurgi
  5. Laboratorium otomasi
  6. Augmented reality welding/Simulator Las

Selain itu Bengkel Konstruksi dilengkapi dengan beberapa peralatan yang sangat mumpuni guna menunjang kegiatan praktikum atau workshop mahasiswa seperti Diesel Injector Tester, Bubut Manual, Kayu, Kelistrikan Forklift Excavator, Diesel dan Transmisi, serta Cutting Plat dan peralatan penunjang lainnya. Diakhir acara semua undangan mengikuti tour bengkel Konstruksi. (TH)