Berita

Beranda / Berita / Berita Detail

Acara Dies Natalis POLTERA kE-4 Sukses

29 Desember 2016 | 10:15 WIB

Tahun 2016 merupakan tahun ke-4 POLTERA berdiri sebagai politeknik negeri. Tahun ini merupakan tahun yang sangat berkesan bagi POLTERA karena untuk pertama kali nya menduduki kampus sendiri di Sampang. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Poltera beserta civitas academika mengadakan berbagai acara untuk memeriahkan Dies Natalis Poltera yang ke-4. Adapun rangkaian Dies Natalis Poltera ke-4 antara lain donor darah, penanaman 1000 pohon, Poltera berzikir, Poltera sport, lomba mading dan terakhir adalah malam inagurasi.

1. Donor Darah
Bertempat di Gedung A, BEM POLTERA mengadakan donor darah sebagai rangkaian Dies Natalis Poltera ke-4 pada hari Rabu, 16 November 2016. Kegiatan donor darah ini bekerja sama dengan PMI Kabupaten Sampang dan diikuti oleh sekitar 100 orang warga POLTERA mulai dari mahasiswa, dosen, dan tendik. Acara donor darah yang dimulai jam 09.00 sampai dengan 15.00 ini diawali dengan pemeriksaan darah, tekanan darah dan Hb bagi seluruh pendonor dan apabila memenuhi standar maka diperbolehkan mengikuti donor.

dies4-01
Kegiatan donor darah dalam rangka dies natalis POLTERA

2. Penanaman 1000 pohon
Poltera mengadakan penanaman 1000 pohon di Taman Kota Sampang pada hari Minggu, 20 November 2016. Semua mahasiswa dikerahkan dalam kegiatan yang merupakan rangkaian acara dari Dies Natalis Poltera ke-4. Acara dimulai pukul 08.00 sampai dengan 11.00, dan dibuka oleh Ketua Jurusan Teknik Poltera, Bapak Kukuh Widarsono, S.T, M.T.
Acara ini mendapat dukungan dari Dinas Kehutanan Kabupaten Sampang dan Polres Sampang. Pembibitan merupakan subsidi dari Brantas Kemlagi. Adapun macam-macam bibit pohon yang ditanam antara lain mahoni, kemiri, kapas, trembesi dan sirsat.

dies4-02
Mahasiswa Poltera melakukan penanaman 1000 pohon

3. Poltera Berdzikir
Masih di hari yang sama dengan kegiatan penanaman 1000 pohon, BEM beserta mahasiswa Poltera mengadakan bakti sosial bertempat di Gedung A POLTERA. Baksos ini melibatkan lebih kurangnya 50 anak yatim dari salah satu panti di daerah Sampang. Acara dilanjutkan dengan Poltera berzikir pada malam hari nya diawali dengan sambutan dari Bapak M. Sohibul Hajah, S.T, M.T selaku dosen Poltera dilanjutkan dengan sambutan dari Presiden BEM Poltera, Muh. Masfu Masum. Selanjutnya acara diisi dengan penampilan hadrah oleh Grup Hasan Assuluqi dari Blitar. Tahlil dipimpin oleh Bapak Drs. Syaifuddin, MM, dilanjutkan pengajian oleh Ust. Imam Ghozali dari Sampang. Acara diakhiri dengan doa untuk kejayaan Poltera.

dies4-03
Acara Poltera Berdzikir

4. POLTERA Sport
Sebagai bentuk antusiasme mahasiswa POLTERA terhadap olahraga, BEM bekerja sama dengan UKM Olah Raga mengadakan POLTERA sport sebagai wadah penyaluran minat dan bakat di bidang olahraga. Ada tiga cabang olah raga yang dipertandingkan yaitu bulutangkis, voli dan futsal. Setiap himpunan mengirimkan dua tim pada masing-masing cabang olah raga. Acara diadakan di Poltera dan lapangan futsal di sekitar Poltera.
Setelah melalui beberapa tahapan, akhirnya didapatkan pemenang dari tiap cabang olahraga. Juara 1 olahraga Bulutangkis dimenangkan oleh TBK tim A, juara 2 oleh TMAB tim A. Voli dimenangkan oleh TMAB tim A sebagai juara 1 dan TMAB tim B sebagai juara 2. Untuk cabang olahraga futsal, juara 1 dimenangkan oleh TLI semester 1, sedangkan juara 2 oleh TMAB semester 3. Hadiah untuk masing-masing juara akan diberikan pada malam inagurasi yang merupakan acara puncak dari rangkaian Dies Natalis Polter ke-4.

5. Lomba Mading Mahasiswa
Mahasiswa poltera mempunyai banyak prestasi dan karya-karya pada bidang masing-masing. Namun hasil karya tersebut perlu dipresentasikan agar dikenal di masyarakat umum. Dalam hal ini tentu diperlukan ketrampilan mahasiswa dalam menulis, merangkum, dan menyampaikan karyanya secara ringkas, padat dan mudah dipahami. Lomba Mading mahasiswa ini diadakan pada tanggal 23-28 Desember 2016. Dalam lomba mading ini panitia mengambil tema yaitu “Poltera Berkarya”. Tema ini dimaksudkan agar mahasiswa poltera dapat menorehkan karyanya dalam informasi publik berupa mading. Lomba mading ini diikuti oleh seluruh jurusan yang ada di Poltera, diwakili oleh masing-masing himpunan mahasiswa. Lomba mading ini diadakan di Gedung A Poltera dan dimenangkan oleh himpunan mahasiswa Teknik Mesin Alat Berat dimana sebagai juri adalah bapak ketua jurusan ( Kukuh Widarsono S.T., M.T.). Dalam lomba ini, BEM poltera memfasilitasi dan menghibahkan mading kepada seluruh Himpunan mahasiswa. Hal ini diharapkan kepada seluruh program studi ke depannya untuk tetap melanjutkan kreativitasnya dalam mengolah mading sebagai sumber informasi publik.

6. Penutupan Kegiatan Dies natalis dan Malam Inagurasi
Acara Puncak dari Kegiatan Dies natalis Poltera 2016 adalah malam inagurasi sekaligus pembagian hadiah kepada para pemenang lomba yang diselenggarakan selama kegiatan dies natalis. Acara yang dilaksanakan pada hari Rabu, 28 Desember 2016 ini dimulai pukul 18.30 WIB dan selesai pukul 22.00 WIB dilaksanakan di Hall Gedung A Poltera.

dies4-07
Penampilan seni dari setiap jurusan pada malam puncak Dies Natalis ke-4

Rangkaian kegiatan yang pertama adalah Red Carpet & Photo Corner. Ini merupakan ajang mahasiswa untuk berphoto dan mengabadikan kenangan dalam dies natalis poltera 2016. Dalam red carpet terdapat kain putih yang kemudian setiap mahasiswa menuliskan tanda tangannya pada kain tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk menambah semangat dan rasa bangga sebagai mahasiswa poltera yang disaksikan oleh tanda tangannya pada kain tersebut bersama teman-teman seperjuangannya. Kemudian acara dibuka oleh pembawa acara. Dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua panitia sekaligus merangkap sebagai perwakilan dari BEM Poltera 2016, dilanjutkan sambutan oleh direksi (diwakilkan kepada ketua jurusan).

Masuk ke acara inti yaitu penampilan mahasiswa & pembagian hadiah. Setiap himpunan mahasiswa diberikan kesempatan untuk menampilkan 2 kreasinya. Dimana tema dari penampilan tersebut adalah tentang jurusannya dan tentang Madura. Seperti halnya disebutkan dalam hymne Poltera “untuk Madura dan Indonesia” penampilan ini dimaksudkan untuk menambah kecintaan mahasiswa terhadap jurusan masing masing dan kecintaan terhadap budaya Indonesia khususnya budaya Madura tempat dimana Poltera berdiri.

Sebagai acara pamungkas diadakan pemutaran dokumentasi kegiatan Dies Natalis Poltera ke-4. Dokumentasi ini berisi kegiatan serta ucapan selamat atas dies natalis poltera ke-4 oleh pimpinan-pimpinan organisasi kemahasiswaan yang merupakan salah satu bagian dari motor penggerak kemajuan Poltera.

Rangkaian acara Dies Natalis Poltera berjalan cukup lancar. Presiden BEM Poltera, Masfu’ mengatakan dengan kegiatan ini menjadi semakin bangga sebagai mahasiswa Poltera serta merasa ikut memiliki dan memperjuangkan almamater Poltera. “Semoga di usia ke-4, Poltera semakin jaya dan dapat memberikan yang terbaik untuk Indonesia, dan semoga kegiatan ini dapat dijadikan agenda rutin ke depannya dan lebih baik lagi”, tambahnya.